Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gampang Capek hingga Moody, Ini Tanda Kekurangan Vitamin D yang Wajib Diperhatikan


Memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang sangat penting agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan optimal. Terlebih buat kamu yang punya banyak kegiatan padat sehari-hari. Nutrisi yang seimbang jadi kunci agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Selain itu, penting untuk memperhatikan gejala apapun yang dirasakan tubuh. Bisa jadi hal tersebut adalah tanda kesehatan tubuh yang kurang baik. Misalnya saja ketika kamu kekurangan asupan vitamin D. Dikenal sebagai zat yang membantu menjaga kesehatan tulang dan otot, ternyata ada berbagai masalah kesehatan yang bisa dirasakan kalau tubuh kekurangan asupan vitamin D. Apa saja?

Selalu Merasa Capek


Merasa lagi di fase gampang capek, bahkan setelah beristirahat sekalipun? Hal ini bisa jadi tanda kalau kamu mengalami kekurangan vitamin D. Sebuah penelitian menemukan kasus pria berusia 61 tahun yang mengalami kondisi kelelahan luar biasa. Setelah menjalani terapi vitamin D, kondisinya mengalami perkembangan yang positif.

Studi ini menyimpulkan bahwa vitamin D dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, karena dapat berdampak pada siklus tidur yang dialami seseorang. Jadi, jika kamu mengalami kondisi tubuh yang selalu merasa lelah, kemungkinan kamu mengalami kekurangan vitamin D.

Mudah Sakit


Nggak hanya mudah merasa capek. Tanda lain yang menunjukkan kalau kamu kekurangan vitamin D adalah gampang sakit. Sebuah penelitian di India menemukan bahwa anak-anak yang kekurangan asupan vitamin D mudah mengalami infeksi saluran pernapasan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa vitamin D mungkin berefek pada respons tubuh terhadap infeksi.

Setelah mengevaluasi 11 studi, para peneliti menemukan bahwa vitamin D dapat memberikan kemungkinan yang lebih rendah terhadap infeksi saluran pernapasan. Vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Penurunan Kepadatan Tulang


Bukan rahasia lagi kalau vitamin D sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium tubuh, yang mana jadi kunci pertumbuhan, kepadatan, serta kekuatan tulang. Kekurangan vitamin D tentu saja bisa membuat tulang jadi lebih lemah.

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Midlife Health menyebutkan hubungan kuat antara kekurangan vitamin D dan penurunan kepadatan tulang di masa menopause dan setelah menopause pada perempuan. Sekitar 30% perempuan mengalami osteoporosis yang disebabkan kekurangan vitamin D.

Moody


Penurunan mood juga bisa dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa salah satu gejala umum kekurangan vitamin D adalah perasaan depresi. Hal ini juga sudah dibahas dalam sebuah review yang dipublikasikan Journal of Affective Disorders.

Penelitian lain juga mengungkapkan fakta bahwa otak terdiri dari banyak reseptor vitamin D. Jadi, tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup dapat mempengaruhi fungsi dan mood seseorang.

Jika kamu mengalami beberapa tanda tersebut, bisa jadi kamu mengalami kekurangan asupan vitamin D. Pastikan untuk memenuhi asupannya, baik itu lewat berjemur di pagi hari, makanan, atau lewat suplemen. Kamu juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui lebih jauh kondisi yang dialami, agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Untungnya konsultasi dokter kini semakin praktis berbekal smartphone dan aplikasi konsultasi online yang bebas repot!

(*)

Posting Komentar untuk "Gampang Capek hingga Moody, Ini Tanda Kekurangan Vitamin D yang Wajib Diperhatikan"