Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Sudah Menghitam, Bisa Pakai Bawang Putih


Inilah sejumlah cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam. Sebagaimana kita tahu, gigitan nyamuk tak hanya menyebabkan bentol merah, tapi tak jarang juga menimbulkan gatal.

Bila gatal bekas gigitan nyamuk itu digaruk, maka ini bisa berkembang menjadi luka. Nah, luka inilah yang kadangkala meninggalkan bekas di kulit.

Sebenarnya, bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam bukanlah hal yang berbahaya. Namun, hal ini kerap membuat tak percaya diri, apalagi bila luka menghitam tersebut ada di area yang terekspos.

Nah, Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam.

Cara-cara ini bisa menggunakan bahan alami, lho! Lantas bagaimana sih cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam? 

Berikut informasinya seperti dirangkum pada Kamis (19/1/2023).

1. Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam di urutan pertama, bisa menggunakan lidah buaya. Salah satu jenis tanaman rumah satu ini bisa membantu dalam mengatasi luka, seperti bekas gigitan nyamuk.

Gel dari lidah buaya telah terbukti mengurangi rasa sakit akibat luka bakar dan membantu menyembuhkan lebih cepat.

2. Es batu

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam di urutan selanjutnya, ada es batu. Suhu dingin pada es dapat mengurangi peradangan setelah digigit nyamuk.

Rasa dingin juga membuat kulit mati rasa, yang dapat memberi kelegaan segera dalam jangka pendek.

Untuk meredakan gatal, kompres kulit hingga lima atau sepuluh menit, dalam beberapa kali sehari.

"Jangan menempelkan es langsung pada kulit Anda, karena dapat menyebabkan kerusakan. Sebagai gantinya, letakkan penghalang seperti kain lap di antara kulit dan es," demikian dilansir dari Healthline.

3. Bawang putih

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam lainnya yakni menggunakan bawang putih. Salah satu bahan masakan ini juga bermanfaat untuk bekas gigitan nyamuk yang menghitam.

Caranya, yakni mengoleskan pasta bawang putih ke area bekas gigitan. Sebelumnya, cincang halus bawang putih segar dan aduk sedikit dengan losion tanpa pewangi atau petroleum jelly. 

Oleskan ke kulit lalu diamkan selama sepuluh menit. Setelah itu, bersihkan dari kulit dengan waslap dingin dan oleskan lebih banyak bila gatal berlanjut.

4. Madu

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam di urutan terakhir, yaitu memakai madu. Cairan yang identik dengan rasa manis ini, menyimpan segudang manfaat, termasuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. 

Madu memiliki banyak antibakteri dan antiinflamasi. Setetes madu pada bekas gigitan nyamuk yang gatal, berpotensi mengurangi peradangan. 

Itulah deretan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah menghitam. Selain bahan-bahan alami, ada satu obat antihistamin yang dijual bebas untuk meredakan gatal, bengkak, dan gatal-gatal. 

Namun, dengan catatan, jangan memberikan obat tersebut kepada anak di bawah dua tahun, atau perempuan hamil, kecuali jika dokter Anda mengizinkan.

(*)

Posting Komentar untuk "4 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Sudah Menghitam, Bisa Pakai Bawang Putih"