Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ternyata Ini 4 Manfaat Akar Brotowali untuk Kesehatan: Begini Cara Konsumsinya


Karena kandungan nutrisinya yang kaya, Brotowali memiliki berbagai manfaat kesehatan. Nutrisi sehat termasuk protein, vitamin C, karbohidrat, lemak, dan berbagai mineral.

Khasiat Brotwari sudah lama dikenal untuk kesehatan, seperti melawan disentri, demam, penyakit kulit dan diabetes.

Brotowali (Tinospora cordifolia) merupakan tumbuhan memanjat dengan daun berbentuk hati. Batang tanaman ini ditandai dengan adanya tonjolan kecil.

Bagian batang ini yang biasanya diolah dan dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Berikut ini manfaat akar Brotowali untuk kesehatan: 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat brotowali yang pertama yakni bisa menaikkan daya tahan tubuh. Sebab Brotowali mengandung vitamin C, antioksidan, & majemuk nutrisi yg bisa menaikkan daya tahan tubuh.

Meski demikian, Anda pula wajib  menjalani pola hidup sehat, misalnya melakukan olahraga rutin, mengonsumsi kuliner bergizi, & yg tidak kalah krusial merupakan tidur yg cukup.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari Brotowal adalah sebagai obat herbal penurun gula darah. Berkat manfaat besar tersebut, Brotowali dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa brotowali dapat meningkatkan kerja hormon insulin sehingga mampu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Namun, Anda harus berhati-hati saat menangani Brotowal pada penderita diabetes. Pasalnya ramuan ini memiliki efek samping berupa kerusakan hati dan hipoglikemia, apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat resep.

3. Meredakan Peradangan

Manfaat lain dari Brotowal adalah pengurangan peradangan. Karena sifat anti-peradangan brotowal, tanaman ini diyakini dapat mengobati kondisi peradangan seperti nyeri dan demam.

4. Sel Kanker

Manfaat Brotowali yang terakhir adalah kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Beberapa penelitian laboratorium telah dilakukan yang menemukan bahwa ekstrak Brotowali mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Namun, manfaat tanaman ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat keefektifan Brotowali sebagai agen antikanker.

Cara konsumsi Brotowali:

2 gram batang Brotowali segar
7 gram kencur
2 gram seledri 5 gram pucuk daun jambu monyet
110 ml air

Cara membuat:

Cuci bahan dengan bersih, masak selama 10-15 menit, matikan kompor. Setelah uapnya hilang, saring dan peras dengan kain bersih. Jamu Brotowali dapat diminum hingga 100 ml sehari sekali.

(*)

Posting Komentar untuk "Ternyata Ini 4 Manfaat Akar Brotowali untuk Kesehatan: Begini Cara Konsumsinya"